Fenomena Alam Di Kepulauan Raja Ampat Papua

Kepulauan Raja Ampat merupakan fenomena alam yang menarik, apalagi dengan adanya keanekaragaman hayati melimpah di Pulau Raja Ampat ini. Ada lebih dari 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan di Raja Ampat; 75% seluruh spesies karang yang ada di dunia; 10 kali lipat jumlah spesies karang yang ditemukan di seluruh Karibia; terdapat pula 5 spesies penyu laut langka serta dilindungi; 57 spesies udang mantis; 13 spesies mamalia laut; dan 27 spesies ikan yang hanya dapat kamu temui di daerah ini.

Pemandangan laut yang menakjubkan di atas dan bawah lautnya akan memberi isyarat kepada Anda bahwa kegiatan memotret adalah hal yang tidak boleh dilewatkan.

Kondisi alam Raja Ampat sangat unik dan berbeda karena memiliki struktur tanah endemik, keanekaragaman biota laut, ekologi pantai, serta kebudayaan. Keindahan ini sempurna bersama tradisi penduduk dan kearifan lokalnya.

Pilihlah beberapa aktivitas berikut ini atau mengapa tidak jajal saja semuanya.

Menyelam untuk melihat sisa-sisa reruntuhan kapal di bawah laut Bermain kayak Menjelajahi pulau dengan perahu Mengunjungi burung cenderawasih merah khas Papua Barat Menikmati indahnya pulau-pulau karang (karst) di sekitar Pulau Wayag Menjelajahi gua kelelawar (bukan kelelawar varietas Dark Knight) Membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat Memancing secara tradisional Papua Trekking untuk menemukan air terjun Memberi makan kuskus Snorkeling

Di Raja Ampat Anda juga dapat melihat “hantu laut”, yaitu tepatnya di bagian Timur Waigeo, di depan desa Urbinasopen dan Yesner. Ada fenomena alam unik dan menarik dan hanya dapat dilihat setiap akhir tahun. Yaitu sebuah sinar yang berasal dari laut mengitari permukaannya berlangsung sekitar 10-18 menit. Penduduk setempat menyebut fenomena ini sebagai “hantu laut”. Fenomena ini lebih dari sekedar pemandangan sunset yang indah dan dapat Anda saksikan dari atas perahu (Jangan lewatkan untuk merekamnya dengan kamera Anda)

Di bagian Barat dan Utara Waigeo, Anda dapat melihat pertunjukan suling bambu tradisional yang disebut suling tambur. Pertunjukan tradisional ini biasanya diselenggarakan selama festival keagamaan, saat Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan saat datangnya kunjungan pejabat atau pemimpin penting. Jika Anda tertarik dengan antropologi maka acara ini patut dimasukkan dalam agenda terpisah.

Di Tomolol, Anda akan terkagum-kagum dengan gua-nya. Anda dapat melihat lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar. Dilukis oleh penghuni gua dari masa prasejarah. Sedangkan di sebelah utara Waigeo, Anda juga dapat belajar sejarah dengan mengunjungi gua dari masa Perang Dunia II, tempat pasukan Belanda dan Jepang membangun bungker mereka. Kadang masyarakat setempat melakukan tarian perang yang dapat Anda saksikan. Ada juga air terjun yang terus mengalir di Salawati, pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan pastinya.

Selain itu, terdapat juga pulau eksotik yaitu Pulau Ayau yang terdiri dari pulau-pulau kecil di Kepulauan Karang yang sangat besar dimana dasar lautnya berpasir putih dan menghubungkan satu pulau dengan yang lain.

Ada juga pulau-pulau dengan pasir yang unik, masyarakat setempat menyebutnya “Zandplaat”. Di sini merupakan habitat unik vegetasi lokal. Anda dapat melihat ibu-ibu dan anak suku setempat menangkap cacing laut (insonem).

Waigeo Selatan menjadi tujuan favorit penggemar diving. Saat Anda di sini, mengapa tidak untuk mengunjungi Kabui Bay yang memiliki banyak pulau karang (karst), gua tengkorak, dan tempat bersejarah Raja Ampat di Kali Raja. Anda dapat melihat berbagai jenis burung di Desa Yenwaupnor dan Sawinggrai, tari Salay di Saonek, dan kerajinan anyaman di Arborek. Di Arborek, sekali lagi Anda dapat menyelam dan menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Di Sawandarek, ada pantai berpasir putih dengan bebek laut dan karang yang indah. Selain itu, ada sebuah desa tradisional di mana Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati suasana unik.

Anda juga dapat menyelam di sebelah Barat Waigeo, Batanta, dan Kofiau. Potensi tujuan wisata ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi oleh houseboats atau rumah kapal. Pulau karang (karst) di Kepulauan.

Baca juga: Pantai Tanjung Papuma Surga Tersembunyi di Jember

Fenomena Alam di Kepulauan Raja Ampat Papua
Fenomena Alam di Kepulauan Raja Ampat Papua

Berkeliling sekitar Raja Ampat

Biasanya, penyelam akan bergabung dengan tur wisata dan tinggal di resor penyelam selama mengunjungi Pulau Raja Ampat.

Untuk mengakses tempat-tempat penyelaman maka Anda dapat menghubungi agen perjalanan wisata yang dapat ditemukan di Sorong. Beberapa agen perjalan wisata juga menawarkan pilihan tur dari atas perahu seperti berikut ini.

Transportasi dari / ke Raja Ampat

Gunakan penerbangan menuju Sorong yang dilayani beberapa maskapai nasional. Jika Anda terbang dari Jakarta akan memakan waktu 4 jam penerbangan ke Sorong.

Akomodasi di Raja Ampat Papua

Saat ini di Saonek Monde terdapat sebuah pelabuhan dimana sedang dibangun 3 resor di Pulau Nyandebabo yaitu Batbitiem, Waiwo dan Waigeo Selatan. Akan tetapi, selama belum selesai pembangunannya maka sementara Anda dapat tinggal di beberapa tempat berikut ini.

Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya Kri Eco Resort, resor tradisional yang dibangun di atas air Perkemahan pulau Boathouse atau rumah perahu (banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan jasa ini)

Meskipun Raja Ampat tidak sangat ramai tetapi sudah ada hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor.

Hotel

Najwa Indah
Jalan Abdul Samad Mayor, Waisai
085244653444

Waisai Indah
Jalan Abdullah Arfan, Waisai
085244155204

Marcy
Jalan Abdul Samad Mayor, Waisai
081218107800

Novalin
Jalan Kimindores, Waisai
081344846908

Hotel Suraya
Jalan Waisai
081344363030

Maras Risen
Jalan Abdul Arfan, Waisai
085244151010

Cottage Archopora
Jalan Badar Dimara, Waisai
08124445379

King Dolphin
Jalan Badar Dimara, Waisai
085254478465

Resort

Papua Diving KRI Eco Resort
Sorindo Bay Resort, Pulau Mansuar
Jalan Gunung Semeru No. 16, Kp. Baru Sorong
0951 328038; 0951 322613

Misool Eco Resort
Pulau Batbitim Misool
0951 322613; 086812135121
www.misoolecorwsort.com

Raja Ampat Divelodge
Kampung Kurkapa, Pulau Mansuar
jalan Perinyaringan 33 X (2nd floor) Sanur, Bali
0361 271539; 08123872672
www.rajaampat-divelodge.com

Raja Ampat Dive Resort Waiwo
Pulau Waigeo
www.rajaampatdiveresort.com

Raja 4 Divers Pulau Pet
Distrik Meosmansuar
Jalan Arfak No.5, Kp. Baru, Sorong
www.raja4divers.com

Villa Waigeo Waiwo dan Waiwo Resort
www.waiwodiverrajaampat.com

Papua Explorer Resort Gam
www.papuaexplorers.com

Raja Ampat Doberai Eco Resort
Pulau Urai
www.rajaampatdoberai.com

Papua Paradise Eco Resort
Pulau Bikin, Batang
www.papuaparadise.com

Raja Ampat Biodiversity Resort Gam
www.rajaampatbiodiversity.com

Homestay

Inbefort
Kampung Yenwaupnor, Distrik Meosmansuar
[email protected]
081344307327

Arborek
Kampung Arborek, Distrik Meosmanswar
081344402542

Yenbuba
Kampung Yenbuba, Distrik Meosmanswar
081344174787

Harapan Jaya
kampung Harapan Jaya

Distrik Misool Timur
081344353030

Wisata Kuliner di Raja Ampat Papua

Jika kamu pergi ke kepulauan raja ampat papua ini tidak usah khawatir dengan makanan disini baik halal atau haram karena disini banyak sekali pilihan menu makanan, mulai dari menu internasional sampai makanan tradisional raja ampat yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Biasanya, disini juga tersedia berbagai macam hidangan laut yang cocok untuk kamu pecinta makanan laut. Cobalah kamu untuk cicipi sup ikan kuning yang merupakan makanan khas pulau ini.

Pilihan makanan juga banyak tersedia di sekitar Kota Waisai. Selain makanan olahan ikan laut disini juga banyak tersedia rumah makan Indonesia lainnya, seperti sate, gudeg dan lain sebagainya.

Tempat Pandang di Kepulauan Raja Ampat Papua
Tempat Pandang di Kepulauan Raja Ampat Papua

Berbelanja di Raja Ampat

Banyak penyelam mengatakan bahwa oleh-oleh terbaik dari Raja Ampat adalah cerita pengalaman Anda saat mengunjungi Raja Ampat.

Tentunya hal ini dengan menunjukan tangkapan foto yang bagus. Akan tetapi, bila tidak maka untuk tetap membuat teman atau keluarga terhibur maka kamu perlu memberi mereka oleh-oleh yang dapat dibeli seperti:

Patung suku Asmat Kain tradisional Alat musik tradisional Suling Tambur (drum tradisional)

Barang-barang tersebut biasanya dijual di toko souvenir di berbagai kota di Papua. Hal ini akan meringankan beban Anda untuk tidak membawa terlalu banyak oleh-oleh dari Raja Ampat. Anda juga dapat membeli kerajinan anyaman di Arborek jika kebetulan mengunjungi Desa di Raja Ampat.

Kata Kunci terbaru:

  • gambar pemandangan raja ampat 2017
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.