Kuil Ban Hin Kiong Tempat Ibadah Umat Tridharma

Kuil Ban Hin Kiong yang menawan ini terletak di jantung Kampung Cina Manado dan sudah berumur 335 tahun, bahkan Kuil ini merupakan Kuil Cina tertua yang dibagun di sini selama dinasti Qing di Cina (1644-1911).

Kuil ini adalah rumah ibadah untuk para pengikut Tridharma di Manado dan daerah sekitarnya.
Nama Ban Hin Kiong terdiri dari tiga kata, Ban berarti “banyak”, Hing berarti “nikmat berlimpah” dan Kiong berarti “istana”. Oleh karena itu, Ban Hin Kiong berarti istana suci yang memancarkan banyak kebahagiaan. Di kuil Ban Hin Kiong, diadakan sejumlah acara tahunan setiap Tahun Baru Cina dan pada Goan Siao atau Cap Go Meh.

Berkeliling di Kuil Ban Hin Kiong

Candi berwarna merah ini tampak elegan dan menarik dengan ornamen di semua sisi. Ornamen-ornamen ini adalah simbol yang menggambarkan pesan suci tentang penciptaan langit, bumi dan manusia.

Mereka merupakan gambar Allah dalam segala kebaikan-Nya dalam satu totalitas terpadu, harmonis dan lengkap. Di dinding belakang Anda akan menemukan lukisan. Panel tengah menunjukkan seorang anak yang sedang mencoba untuk memetik buah dengan seorang pria tua berdiri di sampingnya. Simbol ini berarti bahwa apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai. Ada banyak simbol-simbol bermakna di dalam kuil ini yang mengingatkan kita tentang kekuasaan Allah.

Pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke area doa pengikut Tridharma di lantai tiga, tapi pengunjung harus melepaskan alas kaki mereka di pintu masuk sebelum masuk kedalam.

Baca juga: Klenteng Sam Po Kong Semarang Peninggalan Laksamana Cheng Ho

Transportasi dari/ke Kuil Ban Hin Kiong

Kuil Ban Hin Kiong terletak di jalan D.I. Panjaitan Manado, yang merupakan pusat kota Kampung China dimana terdapat banyak pura dan kuil, rumah-rumah dan pasar menarik yang dikelola oleh orang Cina. Candi sangat strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum, mikrolet atau taksi. Pengunjung juga dapat menyewa mobil atau sepeda motor untuk berkeliling Kampung China.

Kuliner sekitar Kuil Ban Hin Kiong

Dikarenakan Kuil ini berada di dalam Kampung Cina, Anda dapat menjumpai banyak sekali deretan restoran Cina dan warung di sekitar sini. Sempatkan mencicipi loba, daging babi yang diiris dan dicelupkan ke dalam saus tapioka, rasanya manis dan harganya hanya sekitar Rp 10 ribu per porsi.

Tips Berkunjung di Kuil Ban Hing Kong

Cara terbaik untuk mengunjungi kuil adalah di bulan Februari selama parayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Berbagai pertunjukan menarik dan parade diadakan bagi masyarakat lokal dan wisatawan.

Bila Anda butuh referensi kesehatan bisa berkunjung ke Data Dokter.

Kata Kunci terbaru:

  • cottage curup
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.