Lawang Sewu Semarang Bekas Kantor Belanda yang Melegenda

Semarang Lawang Sewu Semarang merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS).

Gedung yang terdiri dari tiga lantai dan bergaya art deco (1850 – 1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terletak pada sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda Semarang. Dikenal dengan Lawang Sewu Semarang (Seribu Pintu), ini dikarenakan bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak. Walau pada nyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

Lawang Sewu Semarang Renovasi

Setelah cukup lama lawang sewu semarang seperti tak terurus, akhirnya Lawang Sewu dilakukan renovasi yang memakan waktu cukup lama. Dan selesai pada akhir Juni 2011 kemarin sehingga dapat kembali dibuka untuk umum setelah pada tanggal 5 Juli 2011 diresmikan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan dilanjutkan dengan event Pameran Kriya Unggulan Nusantara yang menampilkan berbagai macam produk tradisional dari seluruh Nusantara.

Berikut foto Lawang Sewu setelah Renovasi

Lawang Sewu pada tahun 2013

 

Video Lawang Sewu Semarang

Peta Lokasi Lawang Sewu

Ingin berkunjung ke semarang? Jangan lupa mampir ke Lawang Sewu Semarang yang dulunya adalah kantor Belanda. Jika tidak mengetahui lokasi lawang sewu kami menyediakan peta lokasi lawang sewu ini.


View Peta Wisata Semarang in a larger map

  1. lawang sewu semarang
  2. sewu semarang
  3. peta lokasi lawang sewu
  4. lokasi lawang sewu
  5. peta lokasi lawang
Tags