Pantai Anyer Banten ini terdapat di sekitar Selat Malaka, keindahan yang Anda impikan dari nuansa pesisir Pulau Jawa. Jika Anda memimpikan berkunjung Kuta Bali namun tak banyak waktu atau dana tidak mencukupi maka mengapa tidak mencoba datang kesini. Pesona pantai ini menyuguhkan pemandangan Gunung Krakatau yang legendaris dan mercusuar tua di Cikoneng yang historis.

Pantainya yang menghadap ke arah barat memungkinkan Anda memandang Gunung Krakatau sekaligus Matahari terbenam yang dramatis. Pantai ini jelasnya memiliki pasir putih yang lembut berkilau lalu disempurnakan angin laut dan suasana pantai yang sanggup menyegarkan pikiran dan perasaan. Laut birunya pun tak kalah menarik untuk penyelaman.

Anyer sejatinya adalah kota pantai di Banten yang berlokasi 38 km dari Kota Serang. Pantai Anyer berada di tepi Selat Sunda tepatnya di Kecamatan Anyer, Kabupaten  Serang, Provinsi Banten. Pantai Anyer merupakan surga bagi mereka pecinta keindahan dan suasana pantai yang tenang. Pemandangan laut yang indah disempurnakan dengan beragam kegiatan bahari yang menyenangkan seperti jetski, speedboat, parasailing dan olah raga air lainnya.

Pantai Anyer Banten tidak hanya memiliki pemandangan yang menawan tetapi juga telah dilengkapi berbagai akomodasi dan sarana penunjang pariwisata. Sejak tahun 1980-an Pantai Anyer sudah terkenal sebagai kawasan wisata pantai yang menarik. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta dan termasuk salah satu dari Seven Wonder of Banten sehingga pantai ini menjadi tempat wisata favorit.

Pantai Anyer Banten menawarkan beragam aktivitas yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama tinggal. Wisatawan yang datang ke sini bukan hanya domestik tetapi banyak juga mancanegara. Mereka menikmati pemandangan Gunung Krakatau yang bisa dilihat dengan jelas dari pesisir pantai dan juga menikmati deburan ombak yang indah.

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Menawan

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Disini juga sudah dilengkapi beragam fasilitas pariwisata, yaitu: pusat informasi pariwisata, camping ground, pondok-pondok wisata, shelter, pemandu wisata, penjaga pantai, taman parkir, arena bermain anak-anak, arena berjemur, tempat berenang, sentra oleh-oleh dan suvenir, hingga penyewaan  peralatan menyelam, sepeda, serta perahu dan speedboat.

Transportasi dari / ke Pantai Anyer

Jarak dari Jakarta ke Pantai Anyer sekira 160 km dengan waktu tempuh selama 2 jam menggunakan jalan tol Jakarta-Merak. Anda akan keluar dari Jalan Tol Cilegon Barat. Apabila Anda berangkat dari Kota Serang maka jaraknya menuju Anyer sekira 50 km. Tersedia papan penunjuk jalan untuk memudahkan Anda mencapai lokasi.

Anda juga dapat ke lokasi menggunakan kereta api dari Jakarta-Merak.

Wisata Kuliner di Pantai Anyer Banten

Didaerah ini terdapat beragam kuliner khas Banten bernuansa hidangan laut yang bisa dijumpai hampir di setiap rumah makan. Ada pula jejeran pedagang kaki lima dan warung tenda di sepanjang pantai.

Jangan lupa untuk menyantap sup ikan segar, kulit melinjo yang digoreng dengan teri, sate bandeng dan rabeg yang juga dikenal dengan tongseng.

Emping banten juga patut dicicipi untuk camilan selama berada di Pantai Anyer. Anda juga dapat menjadikan emping dengan rasa manis dan pedas tersebut untuk oleh-oleh

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.

Tinggalkan komentarmu