Pantai Tanjung Papuma Surga Tersembunyi Di Jember

Nama Pantai Tanjung Papuma sudah tak asing lagi di Jawa Timur. Destinasi ini mempesona lantaran terdiri dari tepi laut yang indah dipadu dengan hutan lindung yang masih terpelihara keasliannya. Begitu menawan lansekap Pantai Tanjung Papuma sampai – sampai peminat fotografi tergoda buat mengabadikannya melalui lensa kamera. Letak Pantai Tanjung Papuma di Desa Suberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Nama “Papuma” yang diberikan oleh Pehutani ialah singkatan dari Pasir Putih Malikan.

Sebutan Malikan diambil dari bahasa Jawa yang maksudnya molak – malik atau bergulung – gulung dalam Bahasa Indonesia. Lantaran Papuma termasuk dalam gugusan Pantai Selatan, tentu saja kamu bakal melihat ombak bergulung – gulung itu di sini.

Sebelum menjumpai garis cakrawala yang terbentang jauh di ujung lautan, kamu bakal melewati hutan jati yang masih menyimpan ragam flora dan juga fauna. Nikmatilah sejuknya atmosfer di sini sembari berjalan kaki. Apabila telah tiba di bibir Pantai Tanjung Papuma, kamu bakal menatap panorama alam pesisir laut dengan air laut hijau kebiru – biruan, dan juga pastinya dihiasi oleh pasir putih.

Istimewanya, pesisir laut ini mempunyai bebatuan karang besar yang menyamai pulau – pulau karang. ada 7 karang besar yang masing – masing diberi nama: Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Kajang dan juga Pulau Kodok. 6 dari 7 batu itu mempunyai nama setimpal dengan bentuknya, ada yang menyamai kodok raksasa dan juga mirip topi Dewa Narada.

Di saat ombak pasang maka pulau – pulau ini bakal menghempaskan air menghasilkan panorama spektakuler serta juga bunyi – bunyian yang khas. kamu dapat berdiri di atas batu karang dikala ombak tengah surut tetapi berhati – hatilah karna batu karang mempunyai bentuk yang kasar serta tajam. Saat air surut ikan – ikan di sekitar karang pula bakal terlihat.

Pantai Tanjung Papuma Surga Tersembunyi di Jember
Pantai Tanjung Papuma Surga Tersembunyi di Jember

Baca juga: Pantai Tanjung Tinggi yang Populer di Belitung

Dua buah batu karang yang jadi ikon Papuma merupakan Pulau Kajang dan juga Pulau Narada. bila mengamati photo lansekap Pantai Tanjung Papuma maka dengan gampang kamu bakal mengenali kedua pulau tersebut. Selain itu, kedua batu ini pula sebagai tempat paling favorite buat berpotret – potret ria karna wujudnya memanglah amat khas.

Transportasi dari / ke Pantai Tanjung Papuma

Dari pusat kota Jember, perjalanan membutuhkan waktu sekira 45 menit atau 5-6 jam dari Surabaya. Ada banyak bus yang beroperasi dari Surabaya menuju Jember. Sesampainya di Jember, Anda harus menggunakan jasa ojek atau menyewa kendaraan sendiri. Berhati-hatilah saat berkendara menuju lokasi karena Anda akan menjumpai beberapa monyet hutan. Perjalanan ke Papuma tidak sulit karena terdapat banyak papan informasi di pinggir jalan yang memandu ke Anda ke pantai tersebut.

Wisata Kuliner di Pantai Tanjung Papuma

Selain panorama pantai dan hutan, temukan keunikan Papuma lainnya berupa gurita di antara bebatuan karang. Hewan laut lunak berkaki delapan ini bisa diburu dengan umpan berupa kepiting tiruan. Gurita sangat lezat diolah menjadi gurita bakar. Apabila Anda tak sempat memburunya langsung, warung-warung di sekitar pantai menyediakan kuliner gurita bakar.

Menginap di pusat Kota Jember berarti Anda lebih banyak berkesempatan menyicipi makanan-makanan khas. Cicipi makanan yang bernama suwar suwir, terbuat dari tape lalu dicampur dengan buah sirsak. Panganan ini sudah dibuat sejak zaman Penjajahan Belanda.

Pecinta bakso wajib menyicipi bakso kabut di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa. Jika pada umumnya bakso berisi daging dan telur. Bakso kabut berbeda karena campuran telur justru berada di bagian luar bakso, sementara bagian dalamnya berisi daging sapi. Makanan khas Sidoarjo, lontong kupang ataupun rujak cingur khas Surabaya dengan mudah didapatkan di sini. Dengan mudah Anda dapat menemukan ragam kuliner di sepanjang alun-alun Kota Jember. Warung-warung makanan menyediakan tempat lesehan yang nyaman didampingi suasana Kota Jember.

Kata Kunci terbaru:

  • foto pantai tanjung papuma
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.