Pantai Tanjung Tinggi yang Populer di Belitung

Begitu inspiratifnya film serta novel “Laskar Pelangi” sampai – sampai sanggup menyedot jutaan penonton di bioskop pada 2008. Dampak film tersebut bahkan setelah itu masih bersinambung dengan hadirnya pengunjung ke tempat lokasi dimana syuting film itu berlangsung, yakni di Pantai Tanjung Tinggi Belitung.

Rasa terima kasih tersebut kemudian diabadikan oleh Pemerintah Daerah lewat sebuah prasasti Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi, tetapi perkataan terima kasih aja tidak pernah cukup. amat besar akibat berkepanjangan yang disumbang oleh film karya Riri Riza tersebut. Roda perekonomian di Belitung berbalik tajam lewat pariwisata sampai – sampai saat ini infrastruktur pun terus menjadi membaik.

Pantai Tanjung Tinggi ialah pesisir laut paling menawan dan juga paling populer di Belitung. disaat mengunjunginya kamu bakal serasa menatap kilas balik film “Laskar Pelangi”. Hamparan pasir putih luas harmonis dengan jernihnya air laut dengan tenangnya riak ombak. Di sekitar Pantai Tanjung Tinggi Belitung ini ada pohon – pohon yang bisa kamu pakai buat berteduh dari Matahari yang menyengat.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di antara 2 semenanjung yakni Tanjung Kelayang dan juga Tanjung Pendam sehingga panoramanya terus menjadi terlihat gagah dan juga elok. Tempat ini dapat jadi anjuran untuk kamu yang mau menyegarkan pikiran sesudah penat dengan aktivitas ataupun pekerjaan.

Nama dari Pantai Tanjung Tinggi diambil dari kata “tanjung” yang memiliki makna semenanjung atau serupa tempat yang menyamai sela. Kata “tinggi” dipakai karna ada bebatuan yang tinggi di pesisir laut tersebut. Pantai Tanjung Tinggi berupa teluk kecil dengan panjang sekira 100 m sehingga arus ombak di sini tidak begitu besar. kamu yang suka bermain air tidak mesti cemas terseret ombak.

Di sekitar Pantai Tanjung Tinggi pun ada ratusan batu granit berdimensi besar. Ukurannya beragam, mulai dari batu granit kecil berdimensi diantara meter kubik hingga yang ratusan meter kubik, bahkan lebih. Berarti dimensi batu granit ini lebih luas dari sebuah rumah atau semacam banguan bungalau.

Kegiatan Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Anda bakal nyaman berenang di sini karna keadaan ombak yang tidak besar. Selain berenang, dapat bermain air menikmati segarnya air pantai sembari berjemur di bawah Matahari. kamu yang hobi dengan berolahraga air, coba lah jetski bersama keluarga, atau mendayung kano di tepi laut sembari menikmati panorama alam di sekitarnya.

Semua sudut di Tanjung Tinggi mengagumkan untuk dibidik lewat kamera sehingga kesenangan ini dapat jadi kenangan. Jangan lewati pun wajah menawan Pantai Tanjung Tinggi yang dibentuk dari batu granit untuk diperuntukan latar belakang foto.

Anda pun dapat memancing, snorkeling dan juga menyelam. bila memutuskan menyelam, kamu bakal menjumpai bermacam macam spesies laut dan juga terumbu karang. kamu pun bakal melihat ikan Atherinomous sp yang senantiasa berkelompok untuk membentuk formasi tertentu. terlebih lagi kamu bakal menjumpai bermacam lapisan dari lamun – lamun yang berjenis dari Cymadocea. Selain itu, ada pula lamun dengan jenis yang bernama Thalassia, dan jenis Halophilla, kegiatan snorkeling memanglah sedikit dicoba pengunjung karna lokasinya agak jauh dari bibir pantai.

Bagi kamu yang menggemari fotografi lanskap, Pantai Tanjung Tinggi merupakan obyek yang menarik. Keunikan dari tiap hamparan batu granit menjadikan tempat ini spot favorite bidikan lensa kamera. kamu bisa menyusuri sisi pantai mulai dari sisi sebelah kanan setelah itu bergerak ke ujung sebelah kiri. tiap sisi pantainya memiliki karakteristik khas dengan wujud dan juga pemandangan batu – batu granit yang berbeda – beda. terdapat hamparan bebatuan granit yang tersusun berkumpul, terdapat pula bebatuan granit yang menyebar di sekitaran pantai.

Semua sudut di Pantai Panjung Tinggi Belitung ini bisa dinikmati dengan bermacam kegiatan yang berbeda. kamu tinggal memilah aktivitas yang cocok. untuk kamu yang tidak mau banyak bergerak, dapat duduk di atas pasir putih sambil menikmati hamparan tepi laut dan juga pasir putih yang luas. dikala Matahari mulai terbenam atau waktu telah mulai menampakkan kecantikan sunset, Pantai Tanjung Tinggi bakal semakin menunjukkan pesona kecantikan dan juga keanggunanya yang megah.

Pantai-Tanjung-Tinggi-Belitung 2

Tips Perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Menikmati panorama alam alam memanglah membuat kamu jadi lebih fresh kembali tetapi butuh dicermati beberapa perihal agar liburan kamu tertap mengasyikkan dan juga aman. Berikut ini beberapa panduan disaat kamu mendatangi Pantai Tanjung Tinggi Belitung.

  1. Saat berkeliling dan juga bermain air di Pantai Tanjung Tinggi, berwaspada lah dengan sengatan ubur – ubur.
  2. Waspada dengan licinnya batu – batu granitt lebih – lebih bagian sisi batu yang terendam air laut. Hati – hati bila menginjaknya karna sangat licin dan juga dapat membuat kamu tergelincir. Selain itu, diantara batu khususnya yang terletak di atas air laut terkadang diselimuti dengan kerang – kerang kecil bercorak putih. Kerang – kerang ini amat keras dan juga tajam sehingga kita pun perlu berjaga – jaga supaya tidak menginjaknya karna dapat terluka.
  3. Pastikan kemas sampah di wadah yang telah kamu siapkan. Jangan budayakan membuang sampah sembarangan.
  4. Saat mau bersantap, seleksi warung makan yang sesuai dengan lidah Anda.

Akomodasi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Fasilitas dan juga akomodasi yang disediakan di sekitaran Pantai Tanjung Tinggi relatif lengkap. ada warung makan, wc umum, dan juga sarana serta prasarana buat memenuhi liburan kamu seperti penyewaan jetski dan juga kano. buat kamu yang mau menginap atau bermalam di sekitar pantai, terdapat beberapa penginapan mulai dari kelas homestay sampai hotel berbintang.

Banyak hotel di sekitar tepi laut ini. diantara hotel dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi yang yakni Lux Melati Hotel dan juga Hotel Resort Grand Pelangi. Selain itu terdapat penginapan Lor In dengan tarif kurang lebih Rp600 ribu sampai Rp1,5 juta per malam. Harga yang diberikan bakal berbanding lurus dengan panorama alam pesisir laut yang kamu dapatkan.

Transportasi dari / ke Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung besar ini berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Terletak tidak jauh dari tepi laut Tanjung Kelayang dan juga berjarak kurang lebih 31 kilometer dari Kota Tanjung Pandan. kamu yang mau mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi dianjurkan memakai mobil pribadi atau agen tur karna transportasi umum untuk mengarah Pantai Tanjung Tinggi Belitung terbilang sulit.

Petualangan ke Pantai tanjung Tinggi bakal diawali sesudah kamu sampai di bandara H.A.S Hanandjoeddin, berikutnya kamu bisa menyewa mobil yang banyak disediakan. Jarak tempuh dari bandara sampai ke Pantai Tanjung Tinggi ini kurang lebih 45 menit.

Selain menyewa mobil, kamu dapat menaiki taksi dari bandara dengan tarif sekira Rp100 ribu.

Kuliner Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Perut kamu ialah urusan selanjutnya sesudah rasa kekaguman terhadap pesisir laut terpuaskan. Di situ dapat melepas lelah di sebuah rumah makan yang terdapat di sekitar Pantai Tanjung Tinggi ini. Jangan sampai ketinggalan menikmati salah satu kuliner yang jadi karakteristik khas Belitun yakni gangan. Ini merupakan ragam masakan berupa sayur yang dipadukan dengan kunyit menjadi bumbu utama, setelah itu diolah dengan nanas yang masih muda dan dengan kepala ikan.

Anda pun dapat menikmati wisata kuliner yang lain di sekitar pesisir laut Tanjung Tinggi. Di sini tersebar bermacam warung makan yang menyajikan menu sea food. Gangan mempunyai cita rasa asam pedas yang jelasnya bakal mengguggah selera makan sesudah letih dengan kegiatan air di Pantai Tanjung Tinggi Belitung.

Berbelanja Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Belitung populer dengan panganan hasil olahan lautnya berbentuk kerupuk sampai bumbu masak. Di sekitar pesisir laut terdapat penjual hidangan atau cemilan khas Belitung. kamu bisa menikmatinya langsung maupun dibawa pulang menjadi oleh – oleh. Selain itu, juga terdapat diantara penjual yang menawarkan madu asli di sekitar Pantai Tanjung Tinggi Belitung ini.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.