Pesona Pulau Tropis Di Pulau Bintan Selat Malaka

Pulau Bintan merupakan pulau tropis terbesar di Kepulauan Riau yang terdiri dari Selat Malaka ke Laut Cina Selatan dan juga mempunyai sekira 3.000 pulau besar serta kecil, terbentang di seberang singapore dan Johor Baru, Malaysia. posisi Bintan terbilang sangat strategis sebab terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka dan juga dari sejarahnya merupakan tempat singgah favorite buat kapal dagang India dan juga Cina untuk berlindung dari badai serta mengisi perbekalan.

Tujuan wisata teratas di sini yakni Bintan Resort, destinasi wisata berupa tepi laut yang spektakuler di utara pulau dengan luas 23.000 hektar di atas pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini pun mempunyai jejak sejarah yang mempesona di Tanjung Pinang serta Penyengat. Ada pula lokasi buat surfing, ekowisata serta bermacam event internasional.

Sementara, untuk mereka yang suka menyelam kepulauan Anambas di Laut Cina Selatan menawarkan letak menyelam yang masih alami, bisa dijangkau dari bandara Tanjung Pinang. Sedangkan, kepulauan Natuna bisa dijangkau dari Batam.

Tidak heran lagi, pada abad ke – 18, penjual dari Eropa, Portugis, Belanda serta Inggris silih bertarung memperebutkan pulau ini. Pada saat itu, pulau ini bagian dari Semenanjung Melayu dikuasai oleh Kesultanan Johor – Riau, yang diduduki secara berganti antara Johor (berada di Malaysia disaat ini) dan juga pulau Bintan (berada di Indonesia disaat ini).

Pada 1884 Inggris serta Belanda menutup pertentangan mereka di pulau ini dengan menandatangani Treaty of London, yang setelah itu seluruh daerah teritoris utara singapore diberikan pada Inggris, sedangkan daerah teritoris selatan singapore diserahkan pada Belanda.

Sejak dikala itu takdir serta sejarah daerah utara dan juga selatan singapore dipisahkan. singapore jadi pusat pertumbuhan dagang Inggris, sebaliknya Belanda berkonsentrasi di Jakarta dan juga Jawa, meninggalkan kepulauan Bintan.

Dalam beberapa dekade, dengan jalinan bersahabat antara Indonesia serta Singapura, serupa persetujuan ditanda tangani antara kedua belah pihak buat membangun kepulauan Bintan secara bersama – sama yang bakal menguntungkan kedua negeri dalam Zona Perdagangan leluasa Batam, Bintan dan juga kepulauan Batam.

Bentuk pertama dari perjanjian ini merupakan pembangunan Bintan Resort, destinasi wisata pantai, seluas 23,000 hektar diatas pasir putih Bintan nan indah yang menghadap Laut China Selatan.

Baca juga: Pantai Tanjung Tinggi yang Populer di Belitung

Pesona Pulau Tropis di Pulau Bintan Selat Malaka
Pesona Pulau Tropis di Pulau Bintan Selat Malaka

Kegiatan di Pulau Bintan

Bintan Resort di pantai utara Bintan menawarkan hotel-hotel berkelas, terletak di lebih dari 300 hektar lahan, menyajikan lapangan golf kelas dunia yang didesain oleh arsitektur internasional terkemuka. Bintan Resor juga menawarkan banyak wisata pantai dan kemewahan spa dan ideal untuk bersantai jauh dari kesibukan kota Singapura. Karena lokasinya yang berangin dan berombak di akhir tahun, Bintan sangat cocok untuk surfing. Untuk infomasi lebih lanjut silakan klik: www.bintan-resorts.com.

Di sini ada banyak sekali hotel berkelas dunia dan lima lapangan golf yang luas, beberapanya merupakan yang terbaik di lingkup Asia. Dua diantaranya terletak di Bintan Lagoon Resort yang dikenal dengan desain 18 hole kejuaraan golf dunianya. Lapangan golf The Jack Nicklaus Sea View Golf dan Ian Baker-Finch Woodlands Golf menawarkan pemandangan hijau yang spektakuler, lapangan golf yang berombak dan permai. Lapangan lain termasuk Laguna Bintan Golf Club yang terletak di Ria Bintan Resort. Ria Bintan Championship Golf Course merupakan lapangan golf terbaik di Asia pada 2008 lalu.

Di pantai barat Bintan terdapat Tanjung Pinang, dahulu merupakan kota sunyi namun saat ini merupakan ibu kota provinsi yang sibuk. Di sini Anda akan menemukan rumah kuno panggung yang menarik di Senggarang, di sini juga terdapat beberapa candi Budha termasuk candi kuno yang dinaungi pohon bayan yang besar dan rindang.

Di seberang, berjarak 15 menit dari Tanjung Pinang merupakan pulau kecil Penyengat, dahulu merupakan tempat kedudukan ratu kerajaan Johor-Riau dan asal bahasa melayu asli, dasar bahasa Indonesia. Di tempat ini berdiri Masjid Sultan Riau yang merupakan bukti keemasan sultan Johor-Riau. Sebelum mendekati pulau Anda dapat melihat menara masjid lalu mengintip dari atas kuning kehijauan seperti sebuah istana dalam dongeng. Penyengat adalah makam kerajaan dari Sultan terakhir Riau, sedangkan keturunan Sultan masih tinggal di pulau sampai saat ini.

Tanjung Pinang melayani beberapa makanan laut paling lezat. Pada malam hari jalan ditutup dan segala macam warung makanan muncul menjual kepiting bumbu pedas, udang kukus, ikan panggang dengan saus pedas, dan makanan favorit di Riau gong-gong, sejenis tiram.

Sementara di sepanjang pantai timur Bintan merupakan pantai putih, laut biru dan sejumlah pulau yang menarik. Di pulau Nikoi terdapat villa dan kegiatan outbound yang telah dikembangkan, ideal untuk liburan alam yang sempurna. Kapal cepat akan membawa Anda dari pantai Bintan ke pulau Nikoi. (Klik www.nikoi.com untuk rincian). Lebih jauh ke selatan di pantai Bintan, Loola Adventure Resort menawarkan ecotours dan perjalanan petualangan berkelompok dan seluruh keluarga (Klik www.loola.net/). Sepanjang pantai ini merupakan Bintan Agro Beach Resort yang menjanjikan relaksasi lengkap termasuk perawatan spa khusus (lihat www.agrobeach.com).

Transportasi dari / ke Pulau Bintan

Kebanyakan wisatawan dari luar negeri ke Bintan masuk menggunakan kapal ferry. Keberangkatan dari terminal feri Tanah Merah Singapura sampai ke terminal Bandar Bentan Telani Lagoi serta antara Singapura dan terminal ferry Tanjung Pinang Sri Bintan Pura. Untuk rincian informasi tentang keberangkatan dan kedatangan dari Singapura klik: www.singaporecruise.com/ferryschedule.aspx

Ada juga keberangkatan setiap hari dari Batam ke Lagoi, serta Batam dan Tanjung Pinang.

Untuk ferry ke Tanjung Pinang dari Singapura, hubungi: Falcon di +65 6542 6786 , ferry Penguin, tel: +65 65427105, ferry Berlian/Wavemaster, tel: +65 67869959

Ferry dari Johor Baru hub: +607 221 1577

Bintan memiliki bandara di Tanjung Pinang yang masih dilayani oleh Sriwijaya Air dari Jakarta saat artikel ini ditulis.

Akomodasi di Pulau Bintan

Bintan memiliki fasilitas akomodasi yang lengkap sekali bahkan berkelas dunia termasuk hotel dan resor yang ada di Bintan Resort , di Tanjung Pinang dan di sekitar pulau. Untuk info lebih lanjut tentang resor di Bintan, kamu bisa mengunjungi Cari Hotel, www.bintan-resort.com.

Wisata Kuliner di Pulau Bintan

Seafood merupakan makanan andalan di Kepulauan Riau. Seafood segar dan cukup murah disajikan di restoran panggung kuno, yang disebut Kelong serta menghadap persis ke laut, di warung pinggir jalan atau di restoran. Cicipi kepiting bumbu pedas yang enak, udang mabuk atau ikan kukus. Keistimewaan Bintan Kepulauan riau adalah “Gong Gong” atau Keong mutiara (Strombus Canarium) yang bisa ditemukan hanya di sekitaran Bintan dan kepulauan Batam saja.

Pasar basah yang biasanya dipenuhi masyarakat setempat yang patut dikunjungi. Disini tersedia semua makanan laut terutama yang masih segar langsung dari laut.

Berbelanja di Pulau Bintan

Kamu dapat membeli kerang yang indah dan dijual di sekitar pantai atau suvenir lokal lainnya dari toko-toko di sekitar Bintan ini. Biasanya juga hampir semua resort dan hotel di kawasan Bintan Resort ini menyediakan toko buah tangan yang beraneka jenis dan tentunya khas pesisir.

Kue batang buruk merupakan kue khas Kepulauan Riau dan telah ada saat masa Kerajaan Melayu. Selain itu ada juga snack kerupuk gonggong, bilis gulung, sambal lingkong gonggong, kerupuk otak otak, atau abon ikan.

Tips di Pulau Bintan

Mengunjungi Pulau Bintan Selat Malaka tak bakal lengkap jikalau kamu tidak mampir ke kota Tanjung Pinang di mana kamu bisa melihat kehidupan masyarakat setempat dan mengunjungi sebuah kuil berusia 300 tahun di daerah Senggarang.

Kata Kunci terbaru:

  • gambar wisata jogja
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.