Gunung Rinjani terbentang di Taman Nasional Gunung Rinjani dan merupakan gunung api besar yang menjulang tinggi di kawasan Pulau Lombok. Mendaki puncak gunung Rinjani dapat menjadi pengalaman menggembirakan yang dapat Anda rasakan. Dengan ketinggian 3.726 m, Gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia.

Memang mendaki ke puncak Gunung Rinjani tak mudah tapi sepadan rasanya jika Anda tlah sampai di puncak dan menikmati pemandangan yang terindah.

Gunung ini merupakan bagian dari ‘cincin api’ yang terkenal dan memegang peranan penting dalam aspek kehidupan spiritual masyarakat setempat. Diperkirakan bahwa nama Rinjani berasal dari istilah Jawa Kuno yaitu ‘Tuhan’.

Di sekitar lereng Gunung Rinjani terdapat hutan lebat yang terperciki air terjun yang dikelilingi pemandangan yang luar biasa indahnya.

Di dalam kawasan gunung terdapat danau berbentuk sabit yaitu danau Segara Anak yang luar biasa berjarak sekitar 6 km bersebrangan dengan titik terlebarnya. Danau sulfur ini berada 600 m di bawah lereng kawah. Air yang naik dari danau ini ialah gunung api yang baru yaitu Gunung Baru yang merupakan akibat dari erupsi bertubi-tubi tahun 1990an. Segara Anak merupakan tempat spiritual.

Orang Bali datang kesini setiap tahun dan mengadakan upacara yang disebut pekelan dimana perhiasan ditempatkan di danau sebagai persembahan kepada roh gunung. Masyarakat Wetu Telu juga menganggap danau tersebut sebagai tempat suci dan mereka datang ke sini untuk berdoa pada malam bulan purnama.

Taman dengan luas 41.330 ha dan di dalamnya terdapat zona transisi Garis Wallacea. Di tempat inilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna Australia. Taman Nasional ini didirikan tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman nasioanl yang ada di Indonesia.

Bagi para wisatawan, rute trek Rinjani yang berlangsung selama 3 hari meliputi trekking dari Senaru ke lereng kawah, menuruni kawah danau lalu berlanjut ke Sembalun Lawang yang dianggap sebagai salah satu tempat penjelajahan terbaik di Asia Tenggara. Para trekker yang sejati biasanya meneruskan perjalanan ke puncak gunung berapi. Gunung berapi ini dapat ditempuh dari Sembalun Lawang dan menghabiskan waktu 4 hari yang berakhir di Senaru.

Baca juga: Pesona Taman Nasional Kerinci Seblat

Spot Tersembunyi di Gunung Rinjani

Spot Tersembunyi di Gunung Rinjani

Untuk memastikan bahwa masyarakat setempat mendapatkan keuntungan dari pemasukan pariwisata maka Trek Rinjani dikelola oleh kemitraan resmi Taman Nasional yaitu perwakilan masyarakat dan industri sektor umum dan pribadi pariwisata Lombok. Masyarakat menjalankan koordinasi koperatif penjelajahan di Rinjani Trek Center (RTC) di Senaru dan Rinjani Information Center (RIC) di Sembalun Lawang.

Pemasukan dari pariwisata dan tiket masuk digunakan untuk konservasi, manajemen, dan membantu Taman Nasional dengan pemeliharaan Trek Rinjani, dengan demikian Taman Nasional dapat terpelihara dengan baik. Model manajemen ini adalah manajemen yang unik di Indonesia dan dianggap sebagai contoh praktik ekowisata di Indonesia.

Berkeliling di Taman Nasional Gunung Rinjani

Cara yang paling terkenal untuk mendaki Rinjani ialah melalui ekspedisi pendakian selama 4 atau 5 hari, mulai dari Senaru dan berakhir di Sembalun Lawang. Para trekker mulai dari Senaru mendaki ke lereng kawah yang menakjubkan, lalu menuruni danau kawah yang indah dan melanjutkan ke Sembalun Lawang.

Informasi lebih lanjut tentang trekking ke Gunung Rinjani terdapat di website Rinjani trekking club.

Transportasi dari / ke Gunung Rinjani

Desa Senaru dan Sembalun Lawang merupakan dua titik permulaan untuk mendaki Gunung Rinjani. Desa Senaru berjarak 3 jam perjalanan dari Utara Mataram, sedangkan Desa sembalun Lawang berjarak kira-kira 4 jam perjalanan dari timur Mataram.

Anda dapat sampai ke Senaru dengan menggunakan angkutan umum ke Bayan lalu berjalan kaki.

Wisata Kuliner di Gunung Rinjani

Kebanyakan pemandu wisata akan mempersiapkan makanan untuk Anda selama trek atau Anda boleh membawa makanan sendiri. Kebanyakan para trekker juga membeli persediaan makanan sendiri di Mataram atau Senggigi.

Tips Berkunjung di Taman Nasional Gunung Rinjani

Untuk mendaki gunung, Anda memerlukan sepatu boot untuk mendaki yang bagus. Ketika Anda sampai di lereng kawah udaranya dingin dan berangin, jadi bawalah pakaian hangat.

Seorang pemandu diperlukan sebagai penunjuk jalan karena mendaki sendiri sangat tidak direkomendasikan.

Jangan datang pada musim hujan karena jalurnya pasti licin dan dan ditakutkan terjadi longsoran batu yang berbahaya.

Lebih baik membawa sleeping bag sendiri, namun jika Anda tidak punya, Anda dapat menyewanya. Tenda dan peralatan trekking lainnya juga dapat disewa.

Kantor Taman Nasional Gunung Rinjani
Jl. Erlangga 88, Mataram, Lombok – Nusa Tenggara Barat
Telp. (0370) 627764, Email: [email protected]

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.

Tinggalkan komentarmu