Wisata Pantai Ngurbloat Maluku Tenggara

Pantai Ngurbloat Maluku bukanlah pantai halayan di negeri dongeng, pantai ini nyata adanya berlokasi di Desa Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara bahkan pantai memiliki hamparan pasir putih sehalus tepung.

Pantai Ngurbloat juga dikenal dengan Pantai Pasir Panjang oleh masyarakat setempat. Nama tersebut mungkin berasal dari bentang pesisir pantainya yang mencapai 5 kilometer mulai dari Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof hingga Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil. Hamparan pasir putih di pantai ini begitu lembutnya, bahkan National Geographic mendapuknya sebagai pasir pantai terhalus di Asia. Pemerintah Maluku Tenggara pun kini menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu destinasi andalah mereka.

Sepanjang pesisir pantai, pepohonan kelapa berjajar melengkapi indahnya laut biru yang akan membuai Anda untuk betah berlama-lama menikmati setiap keindahan di pantai ini. Di tempat ini Anda pun bisa bermain voli atau sepak bola pantai. Menyaksikan nelayan setempat yang sedang mencari ikan di kejauhan tentunya bisa menemani penantian Anda pada Matahari yang terbenam. Pemandangan mentari ke peraduannya di pantai ini sangatlah indah. Saksikan bagaimana perubahan warna langit dari biru menjadi kuning keemasan merupakan pengalaman mengasyikkan. Siapkan pula kamera Anda untuk mengabadikan proses pergantian warnanya yang elok itu.

Baca juga: Memburu Ombak Kidal di Pantai Lakey Dompu NTB

Transportasi dari/ke Pantai Ngurbloat Maluku

Untuk bisa sampai ke Kepulauan Kei, tentunya Anda harus terbang dulu ke Ambon dari kota asal Anda. Setibanya di Ambon, ambil penerbangan dengan pesawat berbadan kecil menuju Tual, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara, dengan total waktu penerbangan sekira satu setengah jam berjarak 20 kilometer. Berikutnya lanjutkan perjalanan menuju Pantai Ngurbloat menggunakan mobil sewa atau bisa juga kendaraan umum yang tersedia di Pasar Ohoijang, Tual. Lama perjalanan menuju pantai sekira 1 jam. Pantai Ngurbloat terletak di area barat laut Pulau Kei Kecil.

Alternatif lain, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon menuju Pelabuhan Tual dengan menumpang kapal PELNI. Perjalanan akan memakan waktu sekira 18 jam.

Akomodasi di Pantai Ngurbloat Maluku

Karena belum cukup dikenal dan lokasinya cukup jauh dari keramaian menjadikan Pantai Ngurbloat minim fasilitas pendukung. Namun demikian, Anda masih bisa menemukan beberapa homestay yang terbuat dari kayu di sekitarnya.

Homestay Evalin Philips homestay dan Coaster Cottage bisa dipesan untuk bermalam. Harga homestay berkisar antara Rp150.000,- sampai Rp200.000,- per malam. Jika Anda ingin fasilitas dengan makanan lengkap yaitu untuk makan pagi, makan siang dan makan malam, Anda hanya perlu menambahkan biaya sebesar Rp100.00,- per orang.

Tips ke Pantai Ngurbloat Maluku

Bulan terbaik berkunjung ke Pantai Ngurbloat Maluku Tenggara adalah April-Mei dan Oktober-Desember. Karena pada bulan-bulan ini cuaca cerah dan ombak di pantainya cenderung tenang.

Demi kebersihan Pantai Ngurbloat, sangat disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman yang ada di sekitar pantai. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dan ramah untuk warga sekitar.

Bila Anda butuh referensi kesehatan bisa berkunjung ke Data Dokter.

Kata Kunci terbaru:

  • nama nama pantai pulau maluku
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.