Wisata Pulau Abang Kecil Riau Yang Menawan

Wisata Pulau Abang tidak lengkap jika Anda tidak menyebrang ke Pulau Abang Kecil Riau yang merupakan salah satu dari gugusan Kepulauan Abang. Pulau Abang Kecil lokasinya tepat berada di sebelah selatan kota Batam. Dinamakan Pulau Abang Kecil karena kondisi alam, pantai dan bawah lautnya mirip Pulau Abang, bedanya hanya luas pulaunya saja lebih kecil. Pulau Abang Kecil letaknya sekira 3 jam perjalanan dengan kapal motor dari Pulau Abang.

Wisata bahari ke Pulau Abang dan Abang Kecil kegiatan patut masuk daftar kunjungan Anda selama bertandang ke Kepulauan Riau atau Batam. Pulau Abang Kecil memiliki pantai memesona, berpasir putih dan bebatuan karang berbagai ukuran yang tersusun acak mengelilingi pulau.

Taman laut pulau ini memiliki keanekaragaman terumbu karang hidup yang masih terawat dengan baik tidak kalah indah dengan Bunaken dan Raja Ampat. Berbagai macam jenis ikan hias mendiami kawasan sekitar menjadikannya sebagai rumah nyaman mereka.

Spesies terumbu karang langka yang ditemukan di bawah laut perairan Pulau Abang Kecil diantaranya adalah blue coral. Pasalnya jenis terumbu karang ini tidak ada di semua perairan Indonesia, hal ini dikarenakan blue coral hanya hidup di perairan yang kualitas airnya jernih dan bersih. Kehidupan bawah laut Pulau Abang Kecil sering dikunjungi dan dijadikan sebagai pusat penelitian.

Kedalaman perairan di Pulau Abang Kecil sangat ideal yaitu berkisar antara 15- 18 meter sehingga nyaman untuk snorkeling dan menyelam. Dengan batas kedalaman tersebut memudahkan penyelam untuk bertemu berbagai jenis terumbu karang. Umumnya wisatawan yang berkunjung adalah pecinta wisata bahari atau mereka yang berkecimpung dalam penelitian kehidupan bawah laut.

Baca juga: Wisata Pulau Bawah di Anambas Kepulauan Riau

Kegiatan di Pulau Abang Kecil Riau

Ketika Anda menyebrang dari Pulau Abang menuju Pulau Abang Kecil, bersiaplah menjemput dan menyelami keindahan pulau ini. Apabila Anda memutuskan bermalam maka jangan lupa membawa perlengkapan berkemah karena pulau ini juga nyaman untuk berkemah di pinggir pantai. Anda bisa membayangkan indahnya menghabiskan malam di pulau ini beratapkan langit malam yang dihias bintang dan rembulan serta tentunya suara ombak bak alunan musik alam.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perairan pulau ini menyimpan biota laut, termasuk ikan berbagai jenis dan terumbu karang memesona. Salah satu jenis terumbu karang yang dapat ditemui di perairan pulau ini adalah blue coral, jadi sempatkan diri Anda untuk menyelam dan melihat langsung keindahannya.

Memang tidak banyak yang bisa dilakukan di daratan pulau ini kecuali berjalan-jalan di sekitar pantai atau berkemah. Daratan Pulau Abang Kecil banyak ditumbuhi rumput liar dan berbagai jenis pepohonan khas pantai. Akan tetapi, di sinilah Anda akan benar-benar merasakan kedamaian dari suasana alami dan tenang. Ketika wisatawan datang ke pulau ini, aktivatas utama yang dilakukan adalah snorkeling dan diving. Pulau ini memiliki beberapa tempat sempurna untuk melakukan keduanya.

Akomodasi di Pulau Abang Kecil Riau

Tidak tersedia penginapan dan hotel di Pulau Abang kecil jadi Anda yang ingin bermalam di pulau ini adalah dengan berkemah. Oleh karena itu, terlebih dahulu sediakan perlengakapan berkemah dan lainnya yang Anda butuhkan. Apabila Anda tidak memutuskan untuk bermalam di Pulau Abang Kecil maka bisa bermalam di Kota Batam. Berikut beberapa referensi hotel di Batam yang bisa Anda sambangi.

Akasia
Jl. Sutami No.08, Sekupang – Batam
Telp : (0778) 322482, Fax : (0778) 322221

Harbour Bay Amir Hotel
Jl. Duyung, Batu Ampar – Batam
Telp : (0778) 452335, Fax : (0778) 454149

Harris Resort
Marina Water Front City, sekupang – Batam
Telp : (0778) 381888, Fax : (0778) 381142

Hotel 89
Komplek Penuin Centre, Jln. Pembangunan, Baloi – Batam
Telp : (0778) 433789, Fax : (0778) 456070

Island garden
Komplek Villa Idaman, Baloi – Batam
Telp : (0778) 457500, Fax : (0778) 457300

Island View
Jl. Prambanan No.1 – Batam
Telp : (0778) 430500, Fax : (0778) 431500

Nagoya Plaza
Jl. Imam Bonjol, Nagoya – Batam
Telp : (0778) 459888, Fax : (0778) 456690

Puri Garden
Jl. Teuku Umar No.1 Nagoya – Batam
Telp : (0778) 458888, Fax : (0778) 456333

Seruni International Hotel
Jl. Nagoya Garden Phase II. Nagoya – Batam
Telp : (0778) 458333, Fax : (0778) 426750

Utama Hotel
Jl. Komplek Paradise Blok F1, Batam
Telp : (0778) 426222, Fax : (0778) 433488

Transportasi dari/ke Pulau Abang Kecil Riau

Untuk menuju Pulau Abang Kecil terlebih dahulu Anda harus menuju Pulau Abang yang ada di selatan Kota Batam. Perjalanan ke Pulau Abang sekira 1,5 jam dengan menggunakan mobil dari Batam dengan tujuan Jembatan Balerang. Berikutnya perjalanan dilajutkan ke Sungai Budus, jarak Sungai Budus ke Pulau Abang sekitar 12 km dengan kapal motor.

Dari Pulau Abang, perjalanan ke Pulau Abang Kecil dilanjutkan menggunakan kapal motor atau masyarakat setempat menyebutnya pongpong. Harga sewa kapal motor tergantung negosiasi Anda dengan pemilik kapal. Biasanya mereka mematok harga Rp1.000.000,-. Perjalanan ke Abang Kecil memakan waktu sekitar 3 jam.

Tips ke Pulau Abang Kecil Riau

  • Waktu tepat mengujungi Pulau Abang kecil adalah antara Maret hingga November. Pada bulan-bulan tersebut kondisi cuaca dan angin bersahabat.
  • Jangan lupa untuk membawa perbekalan, mulai dari pakaian ganti, makanan dan minuman, sampai perlengkapan menyelam.
  • Apabila Anda memutuskan berkemah maka persiapkan terlebih dahulu perlengkapannya termasuk kebutuhan selama berkemah di Pulau Abang Kecil Riau.
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.