Wisata Pulau Bawah di Anambas Kepulauan Riau

Wisata Pulau Bawah di Anambas ini ditujukan bagi pecinta wisata bahari, karena hanya disinilah Anda dapat melihat dan merasakan pemandangan alam yang luar biasa indahnya dan merupakan perpaduan antara bukit dengan pantai yang memiliki pasir putih bersih airnya pun juga jernih.

Inilah pulau tropis yang sudah dinobatkan dalam urutan pertama Asia’s top five tropical island paradises dari CNN.com. Pulau Bawah mengalahkan 4 pulau tropis lainnya, yaitu Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similan Islands (Thailand).

Pulau Bawah merupakan gugusan kepulauan di Desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya di ujung selatan Kepulauan Anambas, perairan Laut China Selatan.

Gugusan Pulau Bawah terdiri dari lima pulau, yakni Bawah sebagai pulau terbesar; serta 4 pulau kecil lainnya, yaitu: Sanggah, Murbah, Lidi dan Elang. Kelima pulau inilah yang membentuk laguna dengan formasi bulat memanjang layaknya sebuah danau. Keunikan serta keindahan yang dimiliki Pulau Bawah inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama dengan kapal layar atau yacht.

Pulau Bawah memiliki perairan jenih biru muda kehijauan dengan hamparan pasir putih mengelilingi laguna. Saat air sedang surut, gugusan pulau di sekitarnya seolah terlihat saling tersambung oleh gundukan pasir dan karang pembatas antara air laut dalam dan di luar gugusan pulau. Anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Bawah bahkan dari permukaan karena airnya yang jernih.

Kegiatan di Pulau Bawah

Pulau Bawah sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati wisata bahari terutama diving dan snorkeling. Terumbu karang dan pelbagai kehidupan laut yang unik di sekitarnya akan memuaskan. Meskipun di tengah lautan namun perairan di laguna Pulau Bawah cukup tenang dan sesuai untuk pemula.

Selain diving dan snorkeling, memancing juga merupakan alternatif kegiatan yang menarik. Dengan menaiki kapal pompong untuk menemukan spot menangkap ikan sebagai santap malam Anda.

Anda juga bisa menghabiskan waktu di kawasan Pulau Bawah dengan berenang atau mendayung perahu kano menyambangi pulau sekitar perairannya yang tenang, trekking di pulaunya yang berbukit, menikmati serta mengabadikan lansekap laguna dari atas bukit.

Pulau ini pun sesuai untuk bersantai sambil berjemur dan berjalan-jalan menyusuri pantai serta pulau-pulau saat air sedang surut sambil menunggu saat Matahari terbenam.

Berbelanja di Pulau Bawah

Sebelum meninggalkan Kepulaua Anambas, sempatkan membeli buah tangan khas di Kota Tarempa. Ada beberapa makanan ringan yang bisa dibeli untuk dinikmati di jalan maupun dibawa pulang, seperti kerupuk atom, kerupuk ikan, lempok.

Kerupuk atom terbuat dari ikan tongkol atau ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu. Harganya mulai Rp20.000,-. Anda bisa membelinya di kedai makanan atau pasar atau menghubungi Ibu Rosita (0856 6807 2541) atau Dewi (0856 6872 4113).

Kerupuk ikan khas Ana,bas adalah kudapan yang diolah dari ikan tongkol putih atau ikan tenggiri, tepung kanji, telur, garam, gula, dan bumbu lainnya. Harga mulai Rp25.000,- per setengah kilo. Selain itu, ada juga lempok atau dodol olahan daging durian dan gula, dibungkus menggunakan opeh lalu dibakar agar tahan lebih lama.

Anambas juga memiliki cenderamata khas yang cantik, yaitu kain cual. Kain cual merupakan kain tenun asli yang memiliki 5 motif, yakni: bunga pucuk rebung, tudung saji, sampan layar, bulan purnama, dan padang terbakar. Anda bisa mendapatkannya di Dekranasda Kabupaten Kepulauan Anambas, di depan Gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Tarempa.

Baca juga: Pesona Pulau Tropis di Pulau Bintan Selat Malaka

Wisata Pulau Bawah di Anambas Kepulauan Riau
Wisata Pulau Bawah di Anambas Kepulauan Riau

Transportasi dari/ke Pulau Bawah

Perjalanan ke Pulau Bawah sangatlah panjang karena lokasinya yang jauh di perairan Laut China Selatan namun lama perjalanan tersebut akan setimpal dengan keelokan panorama Pulau Bawah setibanya di sana.

Pulau Bawah dapat dicapai dari pelabuhan Tarempa di Pulau Siantan, Anambas menggunakan speedboat dengan waktu sekira 3 jam perjalanan. Sedangkan untuk menuju Tarempa dapat melalui dua jalur yaitu jalur udara dan jalur laut.

Jika Anda memilih jalur udara, carilah bandar udara terdekat dari kota Anda yang menyediakan penerbangan ke Tanjung Pinang di Pulau Bintan. Setelah tiba di Tanjung Pinang, lanjutkan perjalanan dengan Express Air yang melayani penerbangan ke Matak Airport di Kecamatan Palmatak. Pesawat berkapasitas hingga 48 orang tersebut beroperasi dua kali seminggu dengan harga tiket pesawat Rp1.200.000,-. Dari Bandar Udara Matak lanjutkan perjalanan ke pelabuhan untuk menuju Tarempa (ibukota Kabupaten Anambas) dengan perahu atau speed boat.

Untuk pilihan perjalanan dengan laut maka ada MV. VOC Batavia dan MV. Seven Star Island (kapal ferry cepat) melayani rute Tanjungpinang-Letung-Tarempa. Harga tiketnya Rp310.000,- untuk perjalanan Tanjungpinang-Tarempa dan sebaliknya. Jadwal keberangkatan setiap hari Minggu. Hari Senin, Rabu dan Jumat kapal berangkat dari Tanjungpinang ke Tarempa, hari Selasa, Kamis dan Sabtu berangkat dari Tarempa ke Tanjungpinang.

Selain itu, juga ada kapal KM. Bukit Raya dan KM. Binaiya penumpang yang disediakan oleh PT. Pelni melayani pengangkutan antardaerah. Jadwal keberangkatan 2 kali dalam satu bulan (2 Minggu Sekali). Rute adalah Kijang-Letung-Tarempa dengan jarak tempuh Kijang-Letung sekira 14 jam dan 4 jam Letung-Tarempa. Harga tiketnya untuk kelas ekonomi Rp145.000,- IDR/orang.

Pilhan lain ada KM. Sabuk Nusantara, KM. Terigas, dan KM. Gunung Bintan (kapal ferry perintis) melayani rute perjalanan Kijang-Letung-Tarempa yang berangkat dari pelabuhan ferry di Kota Tanjungpinang dengan jadwal sama 2 minggu sekali. Harga tiket kapal ini lebih ekonomis, yaitu Rp45.000,- karena ukurannya yang lebih kecil dan lebih lambat.

Akomodasi di Pulau Bawah Riau

Pulau Bawah merupakan pulau tidak berpenduduk, hanya dihuni beberapa penjaga dari PT. Nicoy dan PT. Pulau Bawah untuk melayani wisatawan yang datang. Resort Pulau Bawah masih dalam tahap pembangunan, jika ingin menginap di pulau ini, Anda bisa mendirikan tenda.

Jika Anda ingin menginap di tempat penginapan yang lebih nyaman, bisa berlayar kembali ke Tarempa di Pulau Siantan di hari selanjutnya. Berikut daftar penginapan yang ada di Pulau Siantan dan sekitarnya.

Tarempak Beach Hotel
Jl. Imam Bonjol – SP No.1
Telp. +62 856 6818 3338
Fasilitas 37 kamar dengan 5 tipe yang berbeda, TV, AC, toilet dalam, air panas (tipe kamar deluxe), meeting room, internet 24 jam. Harga mulai dari Rp198.000,-/kamar/malam

Anambas Inn
Jl. Takari No.42
Telp. +62 856 6873 3431; +62 853 7478 7234
Fasilitas 24 kamar dengan 3 tipe kamar berbeda, AC, TV, toilet di dalam, kulkas dan air panas (kamar VIP), internet 24 jam, antar jemput dengan kendaraan roda dua, karaoke. Harga mulai dari Rp175.000,-

Tropical Inn
Jl. Hangtuah No.22, Tarempa
Telp. (0772) 31191
Fasilitas 25 kamar dengan 2 tipe kamar berbeda, AC, TV, toilet di dalam, air panas, antar jemput dengan kendaraan roda dua, karaoke, meeting room. Harga mulai dari Rp250.000,-

Wisma Sidhi Tanjung
Jl. Tanjung Batu Balai, Tarempa
Telp. (0772) 31419; +62 813 7276 7552
Fasilitas 10 kamar dengan 3 tipe kamar berbeda, AC, TV, toilet di dalam. Harga mulai dari Rp220.000,-

Penginapan Hang Tuah
Jl. Hangtuah
Telp. +62 821 7381 7477
Fasilitas 14 kamar, AC dan kipas, TV, toilet di dalam kamar, internet 24 jam. Harga mulai dari Rp200.000,-

Anambas Resort
Desa Tanjung Tebu, Antang
Telp. +62 856 6813 4666
Penginapan Pagi Sore

Hang Tuah No.10
Telp. 0772 31012
Fasilitas 18 kamar dengan 3 tipe kamar berbeda, AC dan kipas, TV, toilet di dalam kamar dan di luar. Harga mulai dari Rp100.000,-

Wisma Sakura
Jl. Hangtuah No.11, Tarempa
Telp. +62 816 3636 063
Fasilitas 22 kamar dengan 3 tipe kamar berbeda, AC, TV, toilet di dalam kamar dan di luar, restoran. Harga mulai dari Rp150.000,-

Kuliner di Pulau Bawah Anambas

Pulau Bawah sekitarnya berada di Kepulauan Anambas yang tentunya memiliki sajian kuliner berupa olahan hasil laut. Beragam ikan segar siap tersaji dengan racikan bumbu khas.

Anda bisa menikmati pelbagai kuliner khas Anambas di sudut-sudut Kota Tarempa di Pulau Siantan. Jelajahi wisata kuliner yang berada di pinggir pelabuhan, sepanjang jalan utama Hang Tuah yang membelah Kota Tarempa, atau bahkan di pinggir Pasar Ikan Siantan.

Selain makanan olahan hasil laut, Anda perlu mencicipi mie tarempa yang dicampur telur, kecambah, serta potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai serta kecap.

Ada pula nasi dagang, yaitu nasi lemak yang dibungkus daun pisang. Makanan khas Anambas ini yang biasanya disantap untuk sarapan pagi. Untuk mendapatkannya anda dapat mengunjungi kedai kopi atau kedai makan, termasuk kawasan pasar.

Selain itu, nasi goreng seafood khas Anambas juga nikmat disantap. Ada nasi goreng biasa dimasak dengan campuran kecap. Hampir setiap kedai atau restoran seafood di Anambas menjual menu khas yang satu ini.

Tips di Wisata Pulau Bawah

Meski berada di tengah lautan secara terpisah (Laut China Selatan) namun secara Geologi Kepulauan Anambas berada persis di tengah-tengah lempeng benua Austro-Asia yang relatif jauh dari pertemuan lempeng benua (Ring of Fire). Oleh karenanya, kawasan Anambas relatif aman dari resiko gempa vulkanik ataupun resiko tsunami yang diakibatkan oleh gempa tektonik. Jangan lupa membawa peralatan medis bila dibutuhkan simak infonya disini Data Dokter.

Rencanakan liburan Anda di kepulauan ini dengan baik, khususnya transportasi yang mengantarkan Anda dari Tanjung Pinang ke Anambas yang relatif sering berubah jadwal keberangkatan. Carilah informasi dan jalur alternatif untuk menuju kesana. Sediakan waktu yang panjang, karena setidaknya waktu minimal seminggu adalah yang ideal menjelajahi keindahannya.

Anambas didominasi perairan dimana pulau yang dan satu dengan lainnya dihubungkan oleh moda transportasi laut. Oleh karena itu jalan terbaik untuk menjelajahinya adalah dengan menyewa kapal kayu (pompong) atau speed boat. Bernegosiasilah dengan pemilik perahu atau speed boat di pelabuhan. Terkadang harga minyak akan menjadi sangat mahal apabila ketersediaan bensin (minyak) terbatas. Perhatikan pula waktu pengarungan di lautan terkait kondisi cuaca.

Fasilitas resort di pulau ini masih dalam tahap pembangunan maka baiknya Anda menginap di pulau. Selain itu, siapkan air bersih ketika Anda ingin bermalam di Pulau Bawah.

Apabila Anda ingin menjelajahi keindahan bawah laut Anambas, khususnya Pulau Bawah maka perlu menghubungi Dinas Pariwisata setempat. Itu karena saat ini belum tersedia dive operator di sana.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas
Jl. Tanjung No.71 Terempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau
Telp. 0772 31490, Email : [email protected]

Kata Kunci terbaru:

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.